Tools

Selasa, 02 Oktober 2012

Panel Surya Transparan dari Sharp

Sharp baru saja mengumumkan panel surya terbaru mereka yang disebut semi-transparent black solar panel dimana panel surya ini bisa menggantikan kaca-kaca di gedung maupuan sebagai pagar kaca yang ada di teras atau balkon sebuah apartemen.












Memang bukan hal baru tetapi panel surya ini memang didisain untuk keperluan diatas sehingga selain bisa hemat listrik, di satu sisi panel surya tembus pandang ini juga tetap bisa membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan jadi bisa mengurangi pemakaian lampu.





Sayangnya kendalanya masih sama dengan jenis panel surya transparan lainnya dimana "daya serap" matahari lebih rendah dibandingkan yang lain (tidak transparan).
Panel Surya ini hanya bisa menyerap sinar matahari sekitar 6,8% dan maksimum outpur sekitar 95 watts saja untuk satu jendela, bandingkan dengan panel surya biasa yang mampu menyerap sekitar 10-20%.
Tapi tenang saja, seiring perkembangan teknologi bukan tidak mungkin nanti ada panel surya tembus pandang yang bisa menyerap energi lebih besar.

0 komentar:

Posting Komentar